News

BPKS Pastikan Tunda Kedatangan MS Artania

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) akhirnya memutuskan untuk menunda kunjungan Kapal Pesiar/Cruse MS Artania yang rencananya akan merapat di Pelabuhan Sabang pada 16 Februari 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Plt Wakil Kepala BPKS Islamuddin dalam rapat koordinasi teknis kedatangan MS Artania di lantai dua kantor pusat BPKS, Kamis, 13 Februari 2020 pagi tadi.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan kesepakatan bersama dan surat Wali Kota Sabang tentang permintaan penundaan kunjungan MS Artania yang disampaikan kepada BPKS tertanggal 12 Februari 2020 lalu.

Selain itu keputusan tersebut juga diambil mengingat sampai saat ini WHO belum mencabut status waspada pada kasus virus Corona yang sekarang disebut Coved-19.

Sementara kesiapan dan persiapan penanganan, baik di sektor sarana dan prasarana peralatan medis dinilai belum memadai.

“Rapat yang kita laksanakan hari ini merupakan kesepakatan kita bersama menindak lanjuti surat Wali Kota Sabang, dan menerima saran dan pendapat dari berbagai elemen dan itansi yang ada di Sabang,” tegas Islamuddin didampingi Deputi Komersil BPKS Agussalim dan Kabag Humas BPKS Muhammad Rizal.

Selain unsur BPKS, terlibat dalam rapat koordinasi teknis kedatangan MS Artania tersebut Wali Kota Sabang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Dinas Kesehatan Sabang, Karantina Pelabuhan, Syahbandar, Kodim 0112 Sabang, Polres Sabang, Lanud Sabang, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan unsur pelaku bisnis serta Organda Sabang serta Shiping Agen dari PT Sea Asih Lines.

Islamuddin menambahkan walupun pihak Shiping Owner menunjukan surat keterangan Corona virus disease declaration Sabang atau surat keterangan bebas dari virus corona, tetapi pihak BPKS, Pemko, dan seluruh elemen sepakat untuk menunda kunjungan MS Artania ke Sabang.

“Hari ini kita sepakati untuk menunda kunjungan MS Artania, dan kita akan menyurati pihak kapal, shiping agen, dan Kementrian Perhubungan, Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pariwisata dengan melampirkan hasil rapat hari ini beserta surat dari Pemko Sabang,” tambah Islamuddin.

Sementara itu, Deputi Komersil Agussalim menyampikan bahwa selain jadwal kunjungan Cruse MS Artania pada bulan Februari ini, akan ada kunjungan Cruse lainya pada Maret 2020 mendatang. Pada bulan yang sama juga akan dilaksanakan salah satu event internasional di Sabang, yakni Sabang Marine Festival 2020 dan dibarengi dengan Rally Yacht yang akan dilaksanakan dari Sabang hingga ke Natuna.

“Untuk saat ini event tersebut sudah dipastikan yang telah mendaftar sebanyak 20 yacht lebih, bahkan diperkirakan lebih dari 30 Yacht akan ikut serta dalam event tersebut. Sehingga kita harus menyikapi agenda tersebut dengan bijak mengingat kasus virus Corona yang sampai saat ini masih berstatus waspada,” tukas Agussalim.* (RIL)

Shares: