News

BPKP Usulkan Harga Swab Test Mandiri Rp797 Ribu per Orang

Hasil Uji Sampel Usap di Unsyiah, 23,6 Persen Positif Covid-19
Dokumentasi - Petugas medis mengambil sampel swab tenggorokan salah seorang warga dalam pemeriksaan swab massal terkait COVID-19 di Kota Banda Aceh, beberapa waktu lalu. (Antara Aceh/Khalis)

POPULARITAS.COM – Ketua Satuan Tugas (Satgas) PenangananCovid-19 Doni Monardo menyatakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah mengeluarkan estimasi dan usulan terkait harga PCR swab test.

Untuk PCR swab test perseorangan atau mandiri, mereka mengusulkan harga sebesar Rp797 ribu. Sementara itu, untuk harga swab test kontraktual mereka mengestimasikan harganya sebesar Rp439 ribu per spesimen.

“Menyangkut masalah tes swab kami sampaikan bahwa BPKP telah memberikan estimasi harga untuk sifatnya kontraktual itu Rp439 ribu per spesimen,” ujar Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (28/9/2020).

Doni menambahkan angka itu masih terus dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan.

“Angka ini masih akan dievaluasi lagi oleh tim Kementerian Kesehatan, sehingga angka tersebut tidak memberatkan masyarakat,” tutur Doni.

Ia menambahkan harga yang diusulkan oleh BPKP juga akan terus dikaji oleh Kementerian Kesehatan agar tak merugikan pengusaha di sektor jasa laboratorium.

Sumber: CNN

Shares: