News

BPBD: Sebanyak 5.627 warga Aceh Timur masih mengungsi akibat banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyatakan sebanyak 5.627 warga di sejumlah kecamatan di kabupaten tu masih mengungsi akibat banjir. 
Ilustrasi, banjir genangi rumah warga di kawasan Desa Alueu Sentang, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Januari 2021 lalu.(BPBD Aceh Timur).

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyatakan sebanyak 5.627 warga di sejumlah kecamatan di kabupaten tu masih mengungsi akibat banjir.

“Jumlah pengungsi hingga saat ini yang masih mendiami tenda-tenda darurat sebanyak 1.318 keluarga dengan 5.627 jiwa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Timur Ashadi, dikutip dari Antara, Rabu (5/1/2022).

Ashadi mengatakan warga Aceh Timur yang masih mengungsi akibat banjir tersebut berada Kecamatan Bireum Bayeun sebanyak 1.623 jiwa dari 398 keluarga.

Kemudian, Kecamatan Ranto Seulamat sebanyak 123 jiwa dari 50 keluarga, Kecamatan Ranto Peureulak sebanyak 3.039 jiwa dari 654 keluarga, dan Kecamatan Julok sebanyak sembilan jiwa dari dua keluarga.

Berikutnya, Kecamatan Pante Bidari dengan jumlah pengungsi 159 jiwa dari 47 keluarga, Kecamatan Simpang Jernih sebanyak 15 jiwa dari empat keluarga.

Serta Kecamatan Pereulak Barat sebanyak 130 jiwa dari 20 keluarga, Kecamatan Simpang Ulim sebanyak 485 jiwa dari 132 keluarga, dan Kecamatan Peunarun sebanyak 53 jiwa dari 13 keluarga.

“Sedangkan warga yang terdampak banjir lainnya dan bertahan di rumah masing-masing sebanyak 1.315 keluarga dengan 4.612 jiwa,” kata Ashadi menyebutkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Timur Elfiandi mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada korban banjir melalui kecamatan untuk disalurkan ke pengungsi. Bantuan berupa pakaian, selimut, dan makanan serta air mineral.

“Bantuan makanan dan air serta pakaian maupun kebutuhan lain sudah kami serahkan kepada pihak kecamatan untuk disalurkan kepada masyarakat yang mengungsi,” kata Elfiandi.

Shares: