News

BPBD: Luas kebakaran lahan gambut di Nagan Raya capai 26 Ha

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat luas kebakaran lahan gambut di Desa Pulo Kruet, kabupaten setempat mencapai 26 hektare.
BMKG ingatkan potensi kebakaran lahan di wilayah timur Aceh
Petugas BPBD melakukan upaya pemadaman di lokasi kebakaran lahan di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Selasa (31/5/2022). (ANTARA/HO-Dok BPBD Nagan Raya)

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat luas kebakaran lahan gambut di Desa Pulo Kruet, kabupaten setempat mencapai 26 hektare.

“Pada Selasa lalu, luas lahan yang terbakar mencapai 23 hektare. Alhamdulilllah, saat ini sebagian besar apinya sudah berhasil dipadamkan,” kata Sekretaris BPBD Nagan Raya Said Nazaruddin di Nagan Raya, dikutip dari laman Antara, Jumat (3/6/2022).

Ia mengatakan, kebakaran di titik pertama di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, mencapai tujuh hektare.

Di lokasi kedua, yaitu di kawasan Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, dan Desa Kabu, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, mencapai 19 hektare.

Said Nazaruddin menjelaskan, meski luas lahan yang terbakar mencapai 26 hektare, namun titik api di kedua lokasi terpisah tersebut saat ini sudah berhasil dipadamkan oleh petugas.

Upaya pemadaman dilakukan oleh petugas BPBD Nagan Raya, dibantu oleh personel TNI, Polri, Polhut, Manggala Agni, karyawan perkebunan, serta masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

“Saat ini kami juga terus melakukan upaya pendinginan, dengan harapan tidak ada lagi titik api yang muncul nantinya,” kata Said Nazaruddin.

Shares: