News

BPBD Aceh Tamiang Imbau Warga Waspadai Banjir

ilustrasi erosi dan banjir Kota Langsa. / popularitas,.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang tetap siaga di kawasan banjir yang merendam sejumlah di Kecamatan Tenggulun sejak Minggu 14 Desember 2020 kemarin.  Akibat banjir itu ratusan rumah warga terendam.

Adapun wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Tenggulun  meliputi Desa Tenggulun, Desa Simpang Kiri, Desa Rimba Sawang, sedangkan Kecamatan Tamiang Hulu yang terdampak banjir yakni, Desa Bandar Khalipah, Desa Perkebunan Pulau Tiga, Desa Alur Tani, Desa Ronggo  dan Desa Kaloy.

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Tamiang, Sahri mengatakan, saat ini air mulai surut dan warga yang mengungsi ketempat yang tinggi juga sudah mulai kembali kerumah masing – masing.

Namun, kondisi cuaca masih mendung dan pihaknya tetap dalam keadaan siaga untuk daerah hulu, sedangkan bagian hilir saat ini di Kecamatan Seruway yaitu Kampung Baru ada rumah penduduk masuk air banjir karena dampak air dari hulu sungai.

Sementara kemudian Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara terjadi longsor tebing sungai tamiang karena dampak kencangnya gerusan air sungai saat banjir pada Minggu 13 Desember kemarin.

“Kami meminta masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca ekstrim karena air banjir luapan sungai Tamiang bisa terjadi kapan saja,” ucapnya.

Editor: dani

Shares: