BPBD Aceh Besar evakuasi puluhan wisatawan terjebak arus sungai

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulanan Bencana Daerah Aceh Besar mengevakuasi 32 wisatawan lokal yang terjebak arus sungai akibat hujan deras dari lokasi wisata air terjun Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

“Pengunjung wisata air terjun Kuta Malaka yang terjebak arus sungai sudah selesai kami evakuasi semalam,” kata petugas Pusdalops Maswani, di Aceh Besar, Senin (8/11/2021).

Maswani mengatakan, wisatawan yang terjebak arus sungai dan dievakuasi tersebut sebanyak 32 orang berasal dari daerah Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Selain itu, belasan sepeda motor juga terjebak.

“Sebanyak 17 unit motor tidak bisa dievakuasi karena tingginya debit air dan derasnya arus sungai tersebut,” ujarnya.

Maswani menyampaikan, pengunjung wisata air terjun itu terjebak arus sungai saat hendak kembali pulang pada Minggu (7/11/2021) sekitar pukul 16.30 WIB, namun karena debit air sungai meninggi dengan arus kencang, sehingga tidak bisa dilalui sepeda motor.

“Kondisi hujan membuat debit air yang terus tinggi dan deras, sehingga pengunjung wisata air terjun terjebak hingga malam hari, dan mereka tidak bisa menyeberangi sungai untuk kembali,” katanya.

Setelah menerima informasi tersebut, lanjut Maswani, petugas BPBD Aceh Besar langsung menuju lokasi kejadian dengan dukungan 10 personel dan satu unit mobil rescue BPBD.

“Sesampainya di lokasi kejadian petugas langsung melakukan evakuasi pengunjung wisata air terjun dan dibawa ke titik kumpul di halaman Polsek Kuta Malaka untuk pendataan,” demikian Maswani. []

Sumber: Antara

Comments
Loading...