KesehatanNews

BNPB bantu mesin PCR dan masker untuk Aceh

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), dan 500 ribu masker untuk Aceh dalam upaya daerah ini menanggulangi Covid-19
BNPB bantu mesin PCR dan masker untuk Aceh
Sekda Aceh, dr.Taqwallah, M.Kes bersama Pejabat terkait lainnya, menyaksikan Pelepasan Gerakan Mobil Masker untuk Masyarakat se-Aceh, yang dilepaskan Oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito SE, MM, di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Sabtu (28/8/2021)

POPULARITAS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), dan 500 ribu masker untuk Aceh dalam upaya daerah ini menanggulangi Covid-19

Penyerahan mesin PCR dan masker itu, langsung diberikan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, kepada Sekda Aceh, dr Taqwallah, Sabtu (28/8/2021), di Banda Aceh.

Turut hadir dalam prosesi serah terima itu, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Achmad Marzuki, dan sejumlah Kepala SKPA.

Mesin PCR tersebut, secara khusus akan diperuntukkan di Kabupaten Aceh Besar, dan sementara 500 ribu masker nantinya akan dibagikan ke seluruh daerah di provinsi ini.

Selain memberikan bantuan mesin PCR dan masker kepada pemerintah Aceh, Kepala BNPB juga menyerahkan alat serupa kepada Kodam Iskandar Muda, serta 1,5 juta masker kepada institusi TNI dan Kepolisian di daerah ini.

Sekda Aceh yang pada kesempatan itu mewakili Gubernur Aceh, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan BNPB. Sebelumnya Pemerintah Aceh juga telah beberapa kali mendistribusikan masker untuk seluruh kabupaten-kota di Aceh. 

“Terima kasih atas bantuan masker dan mesin PCR dari BNPB,” ujar Taqwallah. 

baca juga : Ganip Warsito Dilantik Jadi Kepala BNPB Gantikan Doni Monardo

Sementara itu Letjen TNI Ganip Warsito dalam sambutannya menyebutkan, Aceh merupakan daerah dengan kasus aktif Covid-19 yang tinggi. Selain itu angka kematian terkait Covid-19 di Aceh juga disebut terhitung tinggi. Sementara angka kesembuhan dikatakan ‘menuju angka yang bagus’. 

Selanjutnya tingkat testing dan tracing di Aceh juga dikatakan masih rendah. Begitu juga dengan tingkat kedisiplinan penggunaan masker yang masih butuh terus ditingkatkan. 

Padahal, kata Letjen Ganip, memakai masker dan melakukan vaksinasi adalah cara paling bagus untuk memproteksi diri dari kemungkinan tertular Covid-19. 

Untuk itu jenderal bintang tiga tersebut mengajak masyarakat di Aceh untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan tetap mengenakan masker dan melakukan vaksinasi. 

“Hari ini kita di sini untuk membuat satu aksi mengingatkan dan mengedukasi masyarakat agar disiplin memakai masker. Maka kita luncurkan mobil masker,” ujarnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: