HukumNews

BNN Minta Kepala Desa Tangkap Pengguna Narkoba

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala BNN, Komjen Heru Winarko menyebutkan, kepala desa berperan penting dalam memerangi narkoba. Dia bahkan menyerukan kepala desa agar menindak warga yang menggunakan atau mengedarkan narkoba.

“Jadi kepala desa, mereka punya kewajiban juga misalnya ada peredaran, mereka ambil tindakan pertama, lakukan penangkapan tangkap tangan, lalu nanti serahkan ke kepolisian atau BNN untuk proses,” kata Heru usai mendeklarasikan desa bersih narkoba di Banda Aceh, Selasa, 8 Oktober 2019.

Menurut Heru, persoalan narkoba di Aceh merupakan tanggung jawab bersama. Ia berharap kepada kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk melakukan penguatan-penguatan di tingkat desa.

Heru juga menyebutkan, provinsi Aceh menjadi salah satu pintu masuknya narkoba dari negara lain, seperti Pinang, Malaysia dan Pukhet, Thailand.

“Aceh memang pintu masuknya ya (narkoba), karena bisa masuk lewat Pinang (Malaysia), dari Pukhet, itu banyak dari sana lewat jalur laut. Kemarin pun kita ungkap ada narkoba, ada dua Minggu lalu,” jelas Heru.

Mantan Deputi Penindakan KPK menilai pentingnya penguatan pengamanan di pesisir laut Aceh, terutama melalui kepala desa agar selalu mengawasi setiap peredaran narkoba.

“Kepala desa yang di pinggir pantai ini kita perkuat, saya sudah bicara dengan Plt Gubernur dan pak bupati supaya kepala desa, Babinsa, Babinkamtibmas adakan penguatan-penguatan,” pungkasnya.* (C-008)

Shares: