BNN Aceh Sebut Pelajar Jadi Sasaran Peredaran Narkoba

POPULARITAS.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh menyebutkan anak sekolah menjadi wilayah sasaran peredaran serta penyalahgunaan narkotika, obat terlarang, dan zat adiktif lainnya atau narkoba

“Dalam penelitian BNN pada 2019, disebutkan penyalahgunaan narkoba di tingkat SMA dan SMP berjumlah sekitar 130 ribu orang. Dan ini menunjukkan anak sekolah sudah menjadi sasaran peredaran narkoba,” kata Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Heru Pranoto seperti dilansir laman Antara, Rabu (15/9/2021).

Menurut jenderal polisi bintang satu, jumlah korban narkoba di kalangan anak sekolah bisa saja bertambah, jika tidak mengambil langkah-langkah pencegahan.

Selain itu, kata Brigjen Pol Heru Pranoto, kemampuan siswa dalam menolak narkoba ketika ditawari juga masih belum baik. Untuk itu, rentan sekali jika tidak dibekali pengetahuan dan ketrampilan dengan baik.

Guna membekali agar anak sekolah tidak menjadi korban narkoba, kata Brigjen Pol Heru Pranoto, BNN Provinsi Aceh melaksanakan bimbingan teknis penggiat antinarkoba di lingkungan pendidikan.

“Bimbingan teknis tersebut untuk meningkatkan peran serta kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru melahirkan anak didik yang memiliki ketahanan dalam menolak penyalahgunaan narkoba,” kata Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan

Bimbingan teknis tersebut dihadiri perwakilan 15 sekolah tingkatan SMP dan SMA. Bimbingan teknisi menghadirkan Wakil Dekan FISIP UIN Ar Raniry Ade Irma sebagai pemateri membahas strategi komunikasi cegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

“Guru harus memiliki kemampuan mendekati remaja. Kemampuan ini merupakan kiat dan cara agar proses berkomunikasi antara guru dan siswa dapat efektif, sehingga apa yang disampaikan bisa diterima,” kata Ade Irma.

Comments
Loading...