News

BNN Aceh amankan lima sopir angkutan umum positif narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh mengamankan lima sopir angkutan umum karena positif mengonsumsi narkotika, obat terlarang, dan zat adiktif lainnya.
Tim BNN Provinsi Aceh menggelar tes urine mendadak terhadap sopir angkutan umum minibus di Banda Aceh. ANTARA/HO/BNN Provinsi Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh mengamankan lima sopir angkutan umum karena positif mengonsumsi narkotika, obat terlarang, dan zat adiktif lainnya.

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto melalui Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Kombes Pol Kombes Pol Mirwazi, Rabu (16/3/2022) mengatakan, kelima sopir tersebut positif narkoba berdasarkan tes urine mendadak.

“Mereka diamankan setelah tes urine mendadak di terminal angkutan umum minibus jurusan timur Aceh di Banda Aceh. Dalam tes urine tersebut, ada 15 sopir menjadi sampel. Hasilnya, lima orang positif ganja dan sabu-sabu,” kata Mirwazi, dikutip dari laman Antara.

Adapun lima sopir yang diamankan tersebut yakni berinisial RB (27), SG (52), MH (46), YD 42, dan MR (28). Berdasarkan hasil tes urine tersebut, kelima sopir angkutan umum minibus itu dibawa ke Kantor BNN Provinsi Aceh.

Mereka diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut dari mana mereka mendapat barang terlarang tersebut, kata mantan Kapolres Nagan Raya, Aceh, tersebut.

“BNN memiliki kewenangan mengamankan mereka enam kali 24 jam. Mereka diamankan untuk pengembangan dari mana mereka mendapatkan ganja dan sabu-sabu tersebut,” kata Mirwazi menyebutkan.

Adanya sopir menggunakan narkoba, kata Mirwazi, tentu membahayakan angkutan umum yang mereka kemudian. Dan ini juga mengancam keselamatan para penumpang yang mereka bawa.

Oleh karena itu, Mirwazi mengajak instansi terkait serta perusahaan angkutan umum melakukan pemeriksaan secara berkala, sehingga pengemudi yang membawa penumpang tidak benar-benar bebas narkoba.

“Tes urine mendadak kami lakukan merupakan upaya pencegahan. Tentu sangat berbahaya bagi penumpang angkutan umum jika supirnya positif narkoba. Ini taruhan nya nyawa,” kata Mirwazi.

Shares: