News

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrim di Aceh

Prakiraan cuaca di Aceh hari ini
Ilustrasi angin kencang. Foto: Net

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrim di Aceh dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Informasi dan Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Provinsi Aceh Zakaria memperkirakan secara umum cuaca ekstrim terjadi di beberapa wilayah di Aceh. Antara lain potensi hujan deras, angin puting beliung, dan gelombang laut tinggi.

“Mulai dari tanggal 28 April sampai awal-awal Mei 2019. Cuaca ekstrem itu terjadi akibat masih ada aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) pada fase basah turut berperan meningkatkan suplai massa udara basah di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Zakaria, Senin, 29 April 2019.

Dia mengatakan, beberapa daerah di provinsi Aceh diperkirakan mengalami potensi angin kencang beberapa hari ke depan, yang mencapai 30 kilometer per jam dan bahkan bisa lebih.

“Meskipun terjadi durasi angin kencang itu tidak lama, tapi tetap harus diwaspadai karena bisa merusak bangunan dan pohon tumbang,” ujarnya.

Dia menambahkan, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di sepanjang pesisir Aceh. Terutama di pesisir Barat-Selatan provinsi Aceh.

“Pengguna jasa pelayaran, dan nelayan kami himbau untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi tiga meter yang terjadi di wilayah perairan Barat-Selatan Aceh, dan sekitarnya,” sebutnya. (ASM)

Shares: