News

BMKG: Waspadai Angin Kencang Akibatkan Gelombang Tinggi Perairan Aceh

Prakiraan cuaca di Aceh hari ini
Ilustrasi angin kencang. Foto: Net

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan peringatan agar masyarakat mewaspadai angin kencang yang dapat mengakibatkan gelombang tinggi hingga akhir pekan ini di perairan Aceh.

“Waspada potensi gelombang laut hingga tiga meter lebih di perairan Sabang-Banda Aceh, Samudera Hindia barat Aceh dan sekitarnya,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Blang Bintang Aceh, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Jumat, 3 Desember 2020.

Ia menjelaskan, fenomena angin kencang itu disebabkan oleh pergerakan masa udara dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia bagian selatan yang melintasi wilayah udara di provinsi paling barat Indonesia ini.

Pergerakan masa udara tersebut memiliki kecepatan berkisar antara lima sampai 30 knot atau 9,26 kilometer hingga 56 kilometer per jam yang membuat gelombang laut menjadi meningkat.

BMKG Aceh memperkirakan tinggi gelombang laut hingga akhir pekan ini meliputi kawasan perairan Sabang-Banda Aceh 1,25 sampai tiga meter, utara-timur Aceh, dan barat-selatan Aceh masing-masing 0,5 sampai 2,5 meter, Selat Malaka bagian utara 1,25 sampai 2,5 meter, dan Samudera Hindia barat Aceh 1,25 sampai tiga meter.

“Selain memang puncak musim hujan di Aceh telah dilewati. Hujannya sudah mulai menipis, intensitas berkurang, durasi berkurang, hari hujan berkurang akibat mulai memasuki masa peralihan dari musim hujan menuju kemarau,” jelas dia.

Pihaknya mengimbau terutama penyedia jasa penyeberangan supaya lebih meningkatkan kewaspadaan, dan tidak boleh mengabaikan peringatan yang dikeluarkan pemangku kepentingan di antaranya syahbandar setempat.

“Sedangkan bagi masyarakat nelayan supaya lebih berhati-hati, dan waspada ketika melaut dengan memperhatikan kondisi lapangan di laut,” terang Zakaria. (ANT)

Shares: