News

BMKG ungkap hasil pantauan cuaca di perairan Selat Malaka

BMKG ungkap hasil pantauan cuaca di perairan Selat Malaka
Warga Simeulue diminta waspada cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca buruk, foto: shutterstock

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Aceh Utara menyebutkan gelombang di perairan Selat Malaka aman untuk aktivitas nelayan dalam melakukan pelayaran.

Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Aceh Utara Febrianto di Lhokseumawe, Rabu (14/9/2022), mengatakan cuaca perairan Selat Malaka wilayah timur Provinsi Aceh diprakirakan aman untuk kegiatan nelayan.

“Dari pantauan cuaca cerah berawan untuk tiga hari ke depan. Potensi gelombang laut pesisir timur Aceh, perairan Selat Malaka berkisar 0,5 hingga 1,25 meter sehingga aman untuk kegiatan nelayan dan pelayaran,” kata Febrianto.

Febrianto mengatakan berdasarkan pantauan cuaca di wilayah bagian timur Provinsi Aceh cenderung cerah hingga cerah berawan dengan suhu antara 20 hingga 25 derajat celcius.

“Untuk suhu cuaca masih dalam kondisi normal yakni hingga 25 derajat celcius saat musim kemarau, namun masih berpotensi dengan intensitas ringan hingga sedang menjelang sore hari,” katanya.

Cuaca cerah hingga cerah berawan terjadi di sepanjang pesisir wilayah timur Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Sedangkan untuk beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan dataran tinggi seperti Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, memiliki potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hari.

“Untuk kecepatan angin juga terpantau normal yakni pada kisaran 15 kilometer per jam,” tutup Febrianto. (ant)

Shares: