News

BMKG: Tinggi Gelombang di Perairan Aceh Capai 6 Meter

BMKG: Tinggi Gelombang di Perairan Aceh Capai 6 Meter
Pergerakan angin pada lapisan atmosfer bumi di wilayah Indonesia. ANTARA/HO-BMKG Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan, gangguan cuaca pada lapisan atmosfer di sebelah barat daya Pulau Sumatera telah berdampak tingginya gelombang laut mencapai 6 meter di perairan Aceh hingga pekan ke depan.

“Gelombang tinggi capai 6 meter berpotensi terjadi di perairan Aceh,” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Sabtu (12/9/2020) dilansir Antara.

Ia merincikan, di antaranya perairan Samudera Hindia barat Aceh dan sekitarnya dilanda gelombang antara 3 hingga 6 meter akibat belokan angin terkonsentrasi di wilayah samudera tersebut.

Kemudian perairan barat-selatan Aceh, utara Sabang, dan sekitarnya berpotensi terjadi gelombang laut masing-masing setinggi antara 2 sampai 4 meter atau lebih.

Sedangka perairan Selat Malaka bagian utara dan sekitarnya diperkirakan terjadi gelombang 1 hingga 3,5 meter, serta jalur transportasi Sabang-Banda Aceh, perairan utara-timur Aceh dan sekitarnya masing-masing berkisar 0,5 sampai 3 meter.

“Adanya belokan angin di sebelah barat daya dan daerah konvergensi wilayah Sumatera menyebabkan potensi meningkatnya gelombang di laut,” terangnya.

Ia mengimbau, kepada seluruh pengguna jasa kelautan untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gelombang tinggi dengan memerhatikan risiko keselamatan pelayaran.

Gangguan cuaca di sebelah barat daya Sumatera ini, lanjut dia, telah mengakibatkan kecepatan angin lebih dari 15 knot atau sekitar 30 kilometer per jam yang berbahaya bagi perahu nelayan berukuran kecil.

​​​”Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir pantai dan sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi, kami imbau untuk tetap selalu waspada,” kata Zakaria.[acl]

Shares: