News

BMKG Pasang Seismometer di lokasi Pergeseran Tanah Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Aceh Besar mulai memasang alat untuk mengukur pergerakan tanah (Seismometer), guna meneliti tingkat pergeseran tanah yang terjadi di Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar sejak beberapa hari lalu.

“Hari ini kita membawa peralatan Seismometer portable, yang mulai hari ini hingga beberapa hari kedean kita akan coba melihat sampai sejauh mana area ini pergerakannya,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro seperti dilansir laman Antara, Sabtu (16/1).

Djati menjelaskan pergeseran tanah di pemukiman penduduk tersebut terus mengalami peningkatan setiap harinya. Pada Kamis (14/1) kemarin data BMKG menunjukkan penurunan tanah itu mencapai 80 centimeter.

“Namun sekarang kalau kita melihat penurunannya sudah lebih dari 120 centimeter,” kata Djati, menjelaskan.

Dia menambahkan setelah melakukan pemasangan Seismometer portable tersebut, selanjutnya tim ahli dari BMKG nantinya juga akan menganalisa terkait lapisan-lapisan tanah yang semakin bergerak tersebut.

“Setelah pemasanga alat, kemudian teman-teman kita akan melakukan analisas terkait lapisan-lapisan di area ini yang hari demi hari terus bergerak,” katanya lagi.

Kata Djati, BMKG masih belum bisa memastikan fenomena apa yang terjadi di Aceh Besar tersebut. Pihaknya juga akan terus melakukan kajian bersama Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Universitas Syiah Kuala (USK) serta beberapa lembaga lain.

“Kita masih melakukan penelitian berdasarkan peralatan, walaupun secara visualisasi sudah dapat kita sampaikan faktor hidrometeorologi, intensitas curah hujan yang beberapa hari cukup tinggi juga akan menjadi referensi,” katanya.

Shares: