News

BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang di barat Aceh

BMKG ingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang di barat Aceh
Warga melintasi genangan banjir di ruas Jalan Nasional Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat yang bermukim di wilayah pantai barat selatan Aceh, agar mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama dua hari ke depan.

“Potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini dapat terjadi sekitar sore – malam hari,” kata prakirawati Stasiun BMKG Bandar Udara Meulaboh-Nagan Raya, Almira di Meulaboh, Senin (25/7/2022) malam.

Ia mengatakan potensi cuaca buruk tersebut diprakirakan terjadi hingga Rabu (27/7/2022).

Almira juga menjelaskan dampak dari cuaca ekstrem tersebut juga dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dampak dari cuaca buruk tersebut, kata dia, juga berdampak terhadap gelombang tinggi di wilayah pantai barat selatan Aceh.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat nelayan agar waspada, dan berhati-hati terhadap gelombang tinggi dalam menjalankan aktivitas nya hingga dua hari ke depan.

“Kami imbau nelayan agar berhati-hati saat melaut, karena potensi gelombang tinggi masih bisa terjadi,” kata Almira. (ant)

Shares: