News

BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Laut Perairan Aceh Capai 4 Meter

BMKG ingatkan ancaman hidrometeorologi di wilayah pantai barat Aceh
Ilustrasi cuaca ekstrem

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gelombang di perairan laut Aceh pada Sabtu (20/2/2021) mulai membaik atau normal.

Khusus di perairan Sabang ke Banda Aceh atau sebaliknya, BMKG mencatat bahwa ketinggian gelombang 0,5 sampai 2 meter.

“Kalau kemarin tinggi gelombang dari Sabang ke Banda Aceh mencapai 4 meter, sehingga mengganggu pelayaran,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad kepada popularitas.com, Sabtu (20/2/2021).

Sementara di perairan utara Sabang, sebut Zakaria, gelombang masih tinggi yaitu antara 1.5 hingga 4 meter. Sedangkan perairan utara timur Aceh, gelombang 0,5 sampai 2,5 meter.

Adapun barat selatan Aceh, sambung Zakaria, ketinggian gelombang antara 0.5 hingga 3 meter. Lalu, Selat Malaka bagian utara yaitu 0,75 hingga 2,5 meter.

“Dan Samudera Hindia Barat Aceh 1.25 hingga 3 meter,” papar Zakaria.

Karena itu, ia mengingatkan kepada nelayan atau jasa penyeberangan untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi di beberapa wilayah tersebut, terutama perairan utara Sabang, perairan barat selatan Aceh, perairan Simeulue, perairan Aceh Jaya, Samudera Hindia bagian Barat Aceh, dan sekitarnya yang dapat mencapai 3 hingga 4 meter.

Dalam kesempatan itu, Zakaria juga mengungkapkan, tingginya gelombang di perairan Aceh sejak beberapa hari terakhir karena pengaruh peningkatan kecepatan angin dari Samudra Pasifik bagian barat yang melintasi Provinsi Aceh bagian utara.

“Kecepatan angin ini juga mempengaruhi pesisirnya dengan arah timur laut hingga utara kecepatan antara 15 sampai dengan 40 km/jam dan diperkirakan 2 hari ke depan sudah mulai menurun,” sebut Zakaria.

Editor: dani

Shares: