News

BMKG: Hujan guyur Aceh hingga dua hari ke depan

BMKG: Hujan guyur Aceh hingga dua hari ke depan
Info cuaca hari ini : Aceh akan dilanda hujan lebat
Ilustrasi - Hujan. (ANTARA/HO-Sutterstock).

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Aceh memperkirakan selama dua hari ke depan sejumlah titik di wilayah Aceh masih berpotensi hujan lebat.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, kepada popularitas.com pada Jumat (2/9/2022).

“Hujan ini diperkirakan akan landa Aceh hingga dua hari ke depan. Kalau diliat dari perubahan atmosfer itu ada beberapa wilayah yang berpotensi cuaca dingin hingga berpontensi hujan lebat seperti Aceh Tengah, Pidie, Aceh Utara, Bener Meriah, Gayo Lues, bahkan bisa meluas ke Aceh Selatan,” kata dia.

Zakaria menambahkan, saat ini masih ada belokan angin hingga suhu koloid juga masih tinggi di Samudra Hindia Barat Aceh, Laut Andaman dan Selat Malaka bagian utara, sehingga dapat membentuknya awan-awan hujan.

“Ini adalah pesisir yang yang dpat mempengaruh wilayah Aceh dengan suhu koloid dengan anomadinya sampai 1 derajat celcius ini mengakibatkan banyaknya penguapan air laut yang dapat membnetuk awan-awan hujan,” jelas Zakaria.

Sementara itu, untuk wilayah Banda Aceh, kata Zakaria, juga masih berpontensi terjadi hujan ringan di sore hari.

“Di Banda Aceh kita perkirakan masih ada hujan ringan di sore hari. Jika banjir pun tidak sampai mengenangi hingga 50 cm, paling setumit saja,” ucap Zakaria.

Shares: