BMKG: Awan Comulonimbus terpantau di atas Bandara SIM

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa awan Comulonimbus terpantau di atas Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Senin (7/2/2022).

“Ada Comulonimbus di atas bandara SIM, ini membahayakan penerbangan,” kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandara SIM, Zakaria Ahmad saat dihubungi popularitas.com, Senin (7/2/2022).

Zakaria menyampaikan, selain awan Comulonimbus, jarak pandang di Bandara SIM juga terbatas yakni 500 meter. Kemudian, kecepatan angin mencapai 15 knot atau 28 km/jam.

“Ada angin memotong landasan dengan kecepatan 15 knot atau 28 km/jam ini sangat berbahaya dan jarak pandang 500 meter,” ujar Zakaria.

Ia menjelaskan bahwa informasi tersebut telah disampaikan kepada otoritas Bandara SIM, sehingga pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 146 batal mendarat sekitar 14.30 WIB tadi.

“Informasi ini menjadi acuan pilot, sehingga membatalkan pendaratan di saat bahaya,” katanya.

Sementara, Prakirawan Cuaca BMKG Bandara SIM, Nasyittoh Azzahra Lubis menyebutkan bahwa cuaca buruk tersebut bertahan selama kurang lebih 1 jam atau sejak pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Pesawat susah mendarat, karena tadi juga lumayan lama, awan juga awet dan angin juga pada saat itu lumayan kencang,” pungkasnya.

Comments
Loading...