News

BMKG: 3 Hari Ke Depan Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

BMKG: Aceh diprakirakan diguyur hujan
Ilustrasi

POPULARITAS.COM – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi, curah hujan akan mengguyur Aceh hingga 2 hari ke depan.

Kasie data BMKG Blang Bintang, Zakaria Ahmad mengatakan, dari hasil monitoring berdasarkan prakiraan curah hujan (PCH), untuk wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh diperkirkan berada pada kategori hujan lebat.

Daerah tersebut meliputi, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Selatan, Abdya, Aceh Tenggara dan Aceh Tengah berpotensi hujan ringan hingga lebat. Zakaria mengatakan, penyebab hujan tersebut akibat adanya gangguan atmosfir berupa belokan angin.

“Provinsi Aceh 2-3 hari kedepan Aceh masih berpotensi hujan ringan hingga lebat. Adanya gangguan atmosfir berupa belokan angin, gangguan berupa suhu laut yang tinggi ini menyebabkan terkumpulnya awan-awan hujan,” kata Zakaria dalam keterangannya, Sabtu (19/9/2020).

Sementara untuk wilayah Sabang, lanjutnya, ini juga berpotensi terjadinya angin kencang yang bertiup dari barat daya, kemudian gelombang ombak. Ia mengimbau seluruh nelayan untuk tetap berhati-hati.

“Kita imbau nelayan untuk berhati-hati dalam melaut,” ujarnya.

Reporter: dani

Shares: