News

BKSDA Tangkap Satu Ekor Buaya di Aceh Besar

Buaya yang berhasil ditangkap tim BKSDA. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Satu ekor buaya sepanjang 1,5 meter ditangkap di kawasan sungai di Desa Keureuweung Krueng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Kamis, 19 Desember 2019.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Aryanto mengatakan, penangkapan buaya tersebut setelah mereka mendapatkan informasi dari masyarakat, di mana satwa itu sering berjemur di pinggir sungai.

“Berdasarkan laporan tersebut kemudian kami menindaklanjuti, tim baik dari BKSDA maupuan dari resor melakukan pengecekan, betul memang ada buaya di situ, ukurannya satu meter setengah lah,” kata Agus saat dikonfirmasi popularitas.com, Jumat, 20 Desember 2019.

Selama ini, kata Agus, buaya tersebut sering muncul ke permukaan dan berjemur di sekitar perkebunan warga. Kondisi ini menyebabkan masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai khawatir dengan keberadaan satwa itu.

“Di sungai itu sering dilakukan aktivitas masyarakat baik cuci kerbau, mereka mandi, dan lain-lain,” ujar Agus.

Agus belum bisa memastikan apakah ada buaya lainnya yang masih tersisa di sungai tersebut. Karenanya, tim BKSDA akan terus memantau perkembangan pasca penangkapan itu, termasuk koordinasi dengan masyarakat.

“Masih kita coba amati terus perkembangannya, karena memang biasanya kalau buaya remaja ini lasak dia, cari tempat baru lah ceritanya,” jelasnya.*(C-008)

Shares: