BKSDA Aceh Minta Bantu Pawang Usir Harimau dari Kebun Warga

POPULARITAS.COM – Sepekan terakhir warga Gampong Arul Item, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah resah dengan kehadiran harimau sumatera dengan dua ekor anaknya. Warga kemudian melaporkan temuan ini kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, setelah mendapat lapoan itu, langsung melakukan musyawarah dengan warga dan tokoh masyarakat setempat. Hasilnya, BKSDA Aceh memenuhi permintaan warga agar meminta bantuan pawang harimau untuk mengusir hewan buas dilindungi itu.

“Pada hari Selasa 19 Desember 2017, bersama dengan masyarakat melibatkan pawang harimau yang juga pegawai BKSDA Aceh untuk mengusir harimau itu dari kebun warga,” kata Sapto Aji Prabowo, Rabu (20/12/2017) di Banda Aceh.

Kata Sapto, dalam musyawarah itu yang dihadiri oleh camat Linge, warga meminta agar hewan buas itu tidak lagi datang ke kebun warga. Selama ini harimau tersebut telah meresahkan warga setempat.

“Pawang harimau bersama dengan warga melakukan ritual untuk mengusir harimau,” kata Sapto.

Selain itu, Sapti bersama tim BKSDA Aceh juga memberikan semangat kepada salah seorang warga  yang bertemu langsung dengan harimau, karena paska bertemua dengan harimau warga tersebut trauma. Sapto juga memberikan penyuluhan kepada warga setempat agar tidak memburu dan membunuh hewan dilindungi itu.

“Warga senang dengan kita cepat merespon. Ritual yang dilakukan pun sangat dipercaya warga dapat membuat keadaan Gampong Arul Item kembali kondusif, sehingga masyarakat tidak merasa takut lagi bekerja di lahan pertaniannya,” tutupnya.[acl]

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.