Pileg dan Pilpres 2019

Besok KPU Rekap Suara dari Aceh

Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Grandyos Zafna/detik.com)

JAKARTA (popularitas.com) – KPU bakal melanjutkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 pada tingkat nasional besok. Rekapitulasi nasional itu bakal digelar untuk tujuh provinsi.

“Jadi, besok akan ada tujuh provinsi, kita pastikan saja siapa yang sesi pagi, supaya KPU provinsinya siap,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.

Arief mengatakan ketujuh provinsi tersebut yaitu, Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau (Kepri) hingga Jawa Tengah. Sebenarnya, Jawa Barat juga akan direkapitulasi besok, namun pihak KPU Provinsi Jabar belum mengonfirmasi.

“Besok kita akan melakukan rekap untuk Aceh, Sumatera Barat, Kepri, Jawa Barat belum konfirmasi, Jawa Tengah, Banten, NTB, dan Sultra,” ujar Arief.

Nantinya, rekapitulasi ini dimulai pada pukul 10.00 WIB di kantor KPU, dengan dua panel. Arief mengatakan pada panel pertama akan terlebih dulu merekap Jawa Tengah, sedangkan panel kedua akan membahas Kepri dan Sumatera Barat.

“Jawa Tengah di panel atas pagi, kemudian di panel bawah yang sudah siap itu Kepri dan Sumbar. Jawa Tengah karena mirip Jawa Timur, sesi berikutnya baru bisa sore atau malam, lalu Sultra juga sudah siap,” ujar Arief.

“Jadi yang penting disiapkan saksi, dokumen, data untuk yang sesi pagi adalah Kepri, Sumbar, Jateng dan Sultra. yang penting empat ini, nanti Aceh, NTB dan Banten dia akan di sesi berikutnya,” sambungnya.

Diketahui saat ini per pukul 22.14 WIB, KPU telah merampungkan rekapitulasi suara di 18 provinsi. Dijadwalkan, rekapitulasi nasional ini akan selesai pada 22 Mei 2019.*

Sumber: detik.com

Shares: