News

Besok, kloter pertama jemaah haji Aceh tiba di Tanah Air

Besok, kloter pertama jemaah haji Aceh tiba di Tanah Air
Besok, kloter pertama jemaah haji Aceh tiba di Tanah Air
Ilustrasi, jemaah calon haji (JCH) Aceh kloter 1 menaiki tangga pesawat untuk diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi, Rabu (15/6/2022) dini hari. FOTO: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebut sebanyak 391 jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu akan tiba di Tanah Air pada Selasa (26/7/2022) besok.

Ketua PPIH Provinsi Aceh Iqbal, Senin (25/7/2022), mengatakan berdasarkan informasi dari petugas di Arab Saudi, semua jemaah haji Aceh kloter pertama tersebut dalam kondisi sehat dan siap untuk proses pemulangan.

“Untuk sementara laporannya semua dalam keadaan sehat wal afiyat, tidak ada yang dirawat. Ada sebagian hanya batuk dan pilek biasa,” kata Iqbal.

Ia menjelaskan awalnya jemaah yang berangkat dari kloter satu sebanyak 393 orang. Kemudian, kloter ini mendapat mutasi jemaah dari kloter lain satu orang sehingga totalnya 394 orang.

Namun, tiga orang jemaah dalam kloter itu dilaporkan meninggal dunia saat di Tanah Suci dan langsung dimakamkan di sana.

“Jadi yang pulang 391 jemaah. Kita berharap semua jemaah haji Aceh mabrur, dalam keadaan sehat wal’afiyat dan barakah setiba di Tanah Air,” kata Iqbal.

Jemaah kloter satu dijadwalkan tiba sekitar pukul 19.30 WIB, melalui Bandar Udara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Sejak beberapa hari lalu, kata Iqbal, pihaknya sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan para tamu Allah SWT tersebut.

Petugas juga telah ditempatkan di UPT Asrama Haji Debarkasi Aceh guna melakukan beberapa kesiapan teknis, seperti lokasi pelepasan jamaah ke panitia daerah dan beberapa tempat pemeriksaan swab antigen.

Dari Bandara SIM, seluruh jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Debarkasi Aceh, untuk mengikuti upacara pelepasan pemulangan, pengembalian paspor, pengambilan koper dan air zam-zam.

“Tidak ada karantina bagi jemaah haji, cuma jamaah akan diperiksa swab antigen berlokasi di asrama haji,” kata Iqbal.

Secara berturut-turut, jamaah haji Aceh kloter satu hingga enam akan dipulangkan dari Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah. Sementara untuk kloter lima dan enam akan berangkat melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah.

“Total jamaah haji dan petugas yang akan pulang sebanyak 2.018 orang,” katanya.

Shares: