EkonomiNews

Bersama Pemprov dan Kadin Aceh, Bea Cukai Dorong Calang Go International

BANDA ACEH (popularitas.com) – Calang, Aceh Jaya memiliki pelabuhan yang letaknya menghadap langsung ke Samudra Hindia. Karena alasan ini dan potensinya, Pemerintah Aceh memiliki rencana pengembangan dan aktivasi Pelabuhan Calang, yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap perekonomian Wilayah Barat Selatan Aceh.

Untuk itu, dilangsungkan acara pertemuan pembukaan dagang laut Calang-India-Birma yang mengambil topik “Rencana Aksi Peningkatan Pelabuhan Calang sebagai Pusat Konektivitas Laut dengan Wilayah Teluk Bengal”.

Acara itu dihadiri oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Wakil Ketua Kadin Aceh, Bupati Aceh Jaya, Dinas Perhubungan Laut Provinsi Aceh, Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh, dan pengguna layanan. Isnu Irwantoro, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Aceh menjadi narasumber dalam pertemuan kali ini.

Dalam acara ini disimpulkan bahwa, Pelabuhan Calang merupakan pelabuhan yang sangat strategis jika dilihat dari letak geografis untuk melayani jasa angkutan laut, yang ditujukan bagi berbagai aktivitas ekonomi regional maupun global.

Di samping itu, Pelabuhan ini juga bisa disebut sebagai infrastruktur utama dalam mendukung rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Wilayah Barat Selatan Aceh. Sehinggan, rencana perwujudan Pelabuhan Calang sebagai pusat konektivitas laut yang menghubungan Aceh dengan Wilayah Teluk Bengal merupakan langkah baik untuk mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Aceh,

“Keberhasilan melakukan ekspor dari pelabuhan di Kabupaten Aceh Jaya akan berdampak secara luas terhadap pembangunan ekonomi di Aceh.” ujar Makmur, Ketua Umum Kadin Aceh melalui keterangannya, Senin, 4 November 2019. (ril)

Shares: