News

Berburu air tebu minuman favorit berbuka puasa warga Aceh Jaya

Dari deretan minuman sebagai menu berbuka puasa, namun tampaknya air tebu menjadi favorit bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya.
Petani tebu aceh jaya (ANTARA/Arif Hidayat)

POPULARITAS.COM – Dari deretan minuman sebagai menu berbuka puasa, namun tampaknya air tebu menjadi favorit bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya.

Buktinya, para pedagang mengakui permintaan tebu meningkat lebih 200 persen per hari selama puasa Ramadhan atau rata-rata mencapai 40-50 batang dari sebelumnya 10 batang tebu per hari.

“Selama Ramadhan Alhamdulillah permintaan tebu meningkat meski para penjual air tebu musiman juga ramai,” kata salah seorang pedangang dan juga petani tebu di Aceh Jaya, Umar di Calang, Sabtu (9/4/2022), dikutip dari laman Antara.

“Kalau saya 50 batang mampu menghabiskan sekitar dua hari saja, sedangkan hari-hari biasa hanya 10 batang tebu,” ujarnya menambahkan.

Ia menambahkan kalau untuk harga tebu seharga Rp2 ribu/ batang, panen sendiri, sedangkan Rp3 ribu jika dipanen oleh para petani tebu.

Umar menjelaskan pada hari biasa omset yang didapatkan sekitar Rp200 ribu perhari, sementara dibulan Ramadhan bisa mencapai Rp300-400 ribu perhari.

“Kalau bulan Ramadhan biasanya pasti meningkat karena pedang juga rame,” katanya.

Air tebu yang rasanya manis dan dingin bisa menjadi minuman terbaik untuk menyegarkan diri pada cuaca panas dan terik terik.

Dikutip dari halaman hellosehat.com juga menyebutkan air tebu tidak hanya melegakan kerongkongan, kandungan air tebu terdiri atas vitamin hingga mineral yang memberikan manfaat bagi tubuh manusia.

Shares: