HeadlineNews

BEM Unimal Tuntut Pembebasan Tgk Munirwan

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Massa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Malikussaleh berunjukrasa menuntut pembebasan terhadap Tgk Munirwan di Kantor Bupati Aceh Utara, Jumat, 26 Juli 2019. Pendemo juga menuntut Bupati bertanggungjawab terkait penahanan tersangka, sekaligus mendesak orang nomor satu di Aceh Utara tersebut mencopot Kadis Pertanian setempat karena dinilai berperan dalam kasus tersebut.

Pengunjukrasa awalnya melakukan orasi di Islamic Center, kemudian long march ke Kantor Bupati. Massa menenteng sejumlah spanduk berisi tulisan menolak kriminalisasi Geuchik Munirwan yang saat ini masih ditahan di Mapolda Aceh karena tersandung perkara perdagangan benih padi tanpa sertifikasi pemerintah.

“Bebaskan Munirwan, copot kepala dinas!” Seru para pengunjukrasa saat menuju ke kantor bupati berjalan kaki.

Koordinator aksi Royhan dalam orasinya menyebutkan, Tgk Munirwan  sosok pejuang kemajuan pertanian yang ada di Aceh, tidak pantas dikriminalisasi oleh pihak manapun.  Bahkan pihaknya menuntut pemerintah Aceh dan Aceh Utara bertanggungjawab penuh terhadap kasus tersebut, karena tidak mampu melindungi masyarakat yang berupaya membangun pertanian ke arah lebih baik.

“Kami menuntut bebaskan Tgk Munirwan. Polisi harus memberikan penangguhan tahanan terhadap tersangka, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh mencabut laporan tersebut,” kata  Royhan.

Pengunjukrasa menduga, kasus tersebut muncul karena ada dugaan permainan benih di tingkat dinas. Oleh sebab itu pihaknya juga menuntut Polda Aceh untuk mengusut pengadaan benih padi sebesar Rp23 miliar yang dianggarkan tahun ini.*(C-004)

Shares: