News

Belum Difinalkan, Era New Normal Belum Berlaku di Aceh

Mudik, Silent Carrier Corona Mengancam
Kawasan simpang lima, Banda Aceh. (popularitas/dani)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh hingga saat ini belum menerapkan new normal secara keseluruhan. Sebab, pemerintah pusat masih mengkaji soal mekanisme penerapan era new normal.

Jubir Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, meskipun belum diterapkan tetapi protokol kesehatan di Aceh tetap diperketat. Keputusan pemberlakuan new normal juga masih belum final ditingkat pusat.

“New Normal belum berlaku di Aceh. Ada 4 provinsi, kan di tingkat pusat juga belum di final kan,” kata Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, Jumat, 29 Mei 2020.

Untuk itu, pihaknya tetap mengimbau warga untuk menjalankan protokol kesehatan, sebelum new normal diterapkan.

“Kalaupun nanti diberlakukan jadi masyarakat sudah terbiasa dengan perilaku baru (new normal),” kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah mengatakan, dalam fase new normal ini diharapkan beragam aktivitas masyarakat dapat kembali berjalan normal dengan pola perilaku baru, yang bersandar pada penerapan protokol kesehatan, guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

“Kita akan terapkan terlebih dahulu di lingkungan pemerintahan seperti pada staf dijajaran Pemerintah Aceh, setelah itu akan kita perluas,” kata Sekda Aceh Taqwallah.

Untuk itu, Pemerintah Aceh masih akan terus melakukan sosialiasi penerapan protokol kesehatan, sehingga makin banyak pihak yang bersedia menerapkan langkah-langkah melawan Covid-19, khususnya kepatuhan mereka yang ODP dan PDP.

“Jadi, di new normal protokol kesehatan makin diperketat, sehingga yang sakit tidak masuk kerja, tidak hadir ke mesjid, tidak berbelanja ke pasar dan tidak berada ditempat keramaian,” ujarnya. (dani)

Shares: