Belum Ada Peningkatan Arus Lalu-lintas di Aceh Jelang Lebaran

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Aceh mengklaim belum ada peningkatan arus lalu-lintas jelang lebaran Idul Fitri 1442 H di provinsi paling barat Indonesia itu.

“Nampaknya tidak terlalu, kalau kita lihat angka arus lalu lintas biasa-biasa aja. Tidak ada peningkatan,” kata Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, Senin (3/5/2021) malam.

Kata Dicky, dalam rapat lintas kementerian pada Senin (3/5/2021), diputuskan bahwa mudik antar provinsi tak dibolehkan. Sedangkan aturan mudik antar kabupaten/kota, terutama di Aceh akan diputuskan oleh Gubernur Nova Iriansyah pada Selasa (4/5/2021).

“Nanti akan diputuskan oleh gubernur besok pagi. Kalau antar provinsi sudah jelas, tidak boleh. Mau dari Sumatera Utara mau masuk itu tidak boleh,” ujar Dicky.

Menurut Dicky, hingga saat ini Pemerintah Aceh belum menetapkan wilayah aglomerasi yang kemungkinan bisa melakukan mudik. Wilayah aglomerasi adalah beberapa kabupaten/kota yang berdekatan yang mendapat izin melakukan pergerakan.

“Contoh wilayah Sumut, aglomerasi Sumatera Utara itu Medan, Deliserdang, Binjai dan Tanah Karo. Di Aceh belum disebutkan aglomerasinya dimana. Jadi besok akan ditentukan oleh Bapak Gubernur mungkin. Kita tunggu saja keputusan beliau di mana Aceh aglomerasinya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani menyebutkan, perbatasan Aceh-Sumut akan ditutup total pada 6 Mei 2021 mendatang. Hal ini untuk mencegah masuknya warga dari Sumut ke Aceh atau sebaliknya jelang lebaran Idul Fitri 1442 H.

“Kalau perbatasan itu harga mati, tutup total. Sudah diantisipasi (termasuk jalan-jalan tikus), di wilayah Aceh Tamiang, Singkil, Subulussalam, jalan tikus kita tutup total,” kata Dicky.

Editor: dani

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.