News

Belasan rumah di Aceh hangus terbakar

Belasan rumah di Aceh hangus terbakar
Tangkapan layar video kebakaran rumah warga di Dusun Telege Durin, Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Gayo Lues, Senin (22/8/2022). Dok. BPBA

POPULARITAS.COM – Sebanyak 15 unit rumah warga di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh hangus terbakar pada Senin (22/8/2022) siang, menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.05 WIB di Dusun Telege Durin, Desa Pasir, Kecamatan Tripe Jaya, Gayo Lues. Penyebab kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

“Kronologis kejadian masih diduga akibat arus pendek listrik,” kata Ilyas di Banda Aceh, Senin (22/8/2022).

Ilyas menjelaskan, saat menerima informasi kebakaran, petugas BPBD Gayo Lues dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Petugas turut dibantu oleh masyarakat setempat saat berjibaku melakukan pemadaman api. Menurutnya, api yang membakar rumah warga di daerah dataran tinggi itu baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.45 WIB.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun sebanyak 15 orang warga desa itu harus mengungsi ke tenda pengungsian karena rumahnya ludes terbakar.

“Informasi terakhir yang diterima api berhasil dipadamkan dan dalam proses pendinginan,” katanya.

Gayo Lues merupakan salah satu kabupaten dari total 23 kabupaten/kota di provinsi berjuluk Tanah Rencong itu. Jarak Gayo Lues dari Kota Banda Aceh mencapai 451,7 kilometer, dengan jwaktu tempuh jalur darat menggunakan kendaraan bermotor antara 10-12 jam. (ant)

Editor: Muhammad Fadhil

Shares: