News

Belasan Ribu Rumah di Aceh Timur Terendam Banjir

Rumah warga di Paya Bakong nyaris ambruk ke sungai. (ist)

POPULARITAS.Com – 14,566 rumah warga di Aceh Timur terendam banjir dan satu unit rumah di desa Matang Kecamatan Julok rusak parah akibat diterjang  banjir yang terjadi sejak Jumat(4/12)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi mengatakan, laporan  sementara tercatat 14,566 unit rumah yang tersebar d 176 Desa di 17 Kecamatan di daerah itu terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata 30 hingga 120 centimeter dari lantai rumah.

“Satu unit rumah milik Rahma Tina (34) hanyut terbawa arus akibat hujan deras sejak Jumat (4/12) sehingga meluapnya sungai didaerah setempat,”kata Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi

Sedangkan untuk jumlah pengungsi saat ini  terdata sejumlah 6.409 jiwa dalam 1.708 KK yang tersebar dari sejumlah kecamatan seperti Madat, Darul Aman, Idi Rayeuk, Pereulak Barat, Nurussalam, Ranto Pereulak, Indra Makmur, Sungai Raya dan Pereulak Timur.

Banjir yang melanda Aceh Timur ini juga menelan satu korban jiwa Lia Ramadhani (14) warga Gampong Masjid, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, ia terbawa arus banjir bersama seorang temannya Fitri (14) dari desa dan kecamatan yang sama. Namun berhasil di selamatkan.

Selain ribuan rumah terendam, banjir kali ini juga telah mengakiabatkan keruskan sarana publik, nyakni rusaknya 4 unit jembatan penghubung antar desa.

Shares: