News

Bea Cukai dan Polairud Polda Aceh Patroli Pantau Kegiatan Ilegal

Patroli rutin Bea Cukai dan Polri. (ist)

POPULARITAS.COM – Bea Cukai Aceh dan Direktorat Polairud Polda Aceh menggelar upacara pembukaan patroli gabungan di dermaga pelabuhan Krueng Geukeuh, Lhokseumawe, Senin (22/2/2021).

Kegiatan upacara diikuti oleh peserta yang berasal dari tim patroli laut Kanwil Bea Cukai Aceh, Bea Cukai Lhokseumawe, dan Dit. Polairud Aceh. Inspektur upacara kali ini adalah Safuadi,

Kakanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi mengatakan, bahwa patroli bersama serupa terakhir dilaksanakan di bulan November 2020 dan dinilai berhasil baik dari sisi jumlah tangkapan maupun deteren efek, penurunan jumlah kegiatan ilegal, serta yang paling penting adalah meningkatnya sinergitas diantara dua instansi pengawasan laut.

“Kegiatan kita hari ini merupakan salah satu langkah untuk memastikan bahwa negara hadir di setiap lini pengawasan, serta bersama-sama mencegah kegiatan ilegal yang mengancam pendapatan negara maupun perlindungan masyarakat (narkoba, penyakit flu burung dan lain-lain).” Kata Safuadi dalam keterangannya.

Kata dia hal ini bukan hanya merupakan upacara pembukaan patroli bersama. Namun justru adalah bagian dari kegiatan sinergi-kerjasama yang terus-menerus akan dilaksanakan.

“Baju maupun seragam kita boleh berbeda, komando kita memang tidak dalam garis lurus, namun effort dan tujuan kita adalah sama, menjaga perairan NKRI kita dari upaya-upaya kejahatan, baik yang merupakan tupoksi Bea Cukai maupun yang merupakan kewenangan dari Polri,” jelasnya.

Setelah kegiatan upacaral selesai, kemudian para pihak melakukan peninjauan hasil tangkapan pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai berupa kapal-kapal nelayan yang telah disandarkan didekat dermaga pelabuhan Krueng Geukeuh.

Diharapkan dari kegiatan upacara ini dapat mempererat hubungan antara Bea Cukai Aceh dan Dit. Polairud Polda Aceh dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing instansi.

Shares: