EkonomiNews

Bea Cukai Bentuk Satgas untuk Permudah Ekspor dari Banda Aceh

Ilustrasi. Foto: Kapal ekspor CPO dari India dan kapal pembawa tiang pancang dari China sedang bersandar di Pelabuhan Calang, Selasa, 17 Desember 2019. (ANTARA/Arif Hidayat)

POPULARITAS.COM – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Banda Aceh menyatakan pihaknya akan mempermudah ekspor barang bagi pengusaha ke luar negeri.

“Pertama adalah kita memberikan sosialisasi dan membentuk satgas ekspor dan fasilitas. Jadi siap untuk mengakses mengaksistensi pengusaha-pengusaha khususnya wilayah Banda Aceh yang mau melakukan ekspor,” kata Kepala KPPBC TMP C Banda Aceh, Heru Djatmika Sunindya, Kamis (1/4/2021).

Satgas tersebut, kata Heru, diberi nama semacam klinik ekspor. Di sini, para pengusaha juga bisa melakukan konsultasi terkait ekspor hasil alam hingga ke berbagai negara.

“Kita bentuk semacam klinik ekspor, konsultasi dan sebagainya, kita melakukan pemetaan juga produk-produk apa yang berpotensi untuk diekspor dari Banda Aceh,” jelas Heru.

Selama ini, lanjut Heru, sejumlah pengusaha di Kota Banda Aceh cukup gencar melakukan ekspor ikan tuna ke berbagai negara, seperti Jepang dan Hongkong.

Dalam waktu dekat, tambah Heru, KPPBC TMP C Banda Aceh juga bakal memfasilitasi pertemuan pengusaha di Tanah Rencong dengan pengusaha Hongkong melalui rapat secara online. Dalam kegiatan ini, pengusaha Aceh akan menampilkan barang-barang yang berpotensi diekspor.

“Kita bikin profil perusahaan-perusahaan, ada ikan, coklat, ikan dan macam-macam, kita bikin profilnya nanti akan dilihat pengusaha Hongkong. Mereka nanti kalau ada ketemu marching langsung berhubungan, ada 31 perusahaan,” sebut dia.

“Tidak tertututup kemungkinan ada negara lain, karena kita Bea Cukai punya atase di Jepang, Korsel, Singapura, Dubai, kemudian kita buka itu, kita coba jalin, biar mereka yang hubungkan dengann pengusaha sana,” pungkas Heru.

Editor: dani

Shares: