News

Banyak warga nekat terobos penyekatan Aceh – Sumut

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, masih banyak warga yang nekat menerobos penyekatan yang dilakukan pihaknya di perbatasan Aceh - Sumut.
Polri mutasi Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani
Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani saat konferensi pers di Banda Aceh, Rabu (11/3/2020). (Fadhil/Popularitas)

POPULARITAS.COM –  Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, masih banyak warga yang nekat menerobos penyekatan yang dilakukan pihaknya di perbatasan Aceh – Sumut.

“Sejak upaya penyekatan kita lakukan, banyak juga yang nekat terobos,” katanya kepada media ini, Rabu (12/5/2021) di Banda Aceh.

Dia menyebutkan, petugas saat ini telah memeriksa sebanyak 22 orang yang nekat melintas untuk mudik dan dilakukan tes swab antigen. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya hasilnya reaktif atas nama IBS (Inisial) yang merupakan warga Tanjung Pura, Sumut.

“Ada satu yang reaktif. Namun kita sudah berkoordinasi dengan pegawai Dinkes yang bertugas di perbatasan untuk membawa yang bersangkutan ke GOR Aceh Tamiang untuk isolasi mandiri,” ujarnya.

Dicky juga menjelaskan, adanya satu warga yang reaktif ini juga merupakan efek dari mobilitas yang tinggi menjelang lebaran.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak nekat untuk melakukan mudik, karena di perbatasan tetap dilakukan pemeriksaan dan diswab antigen sebelum diputar balik oleh petugas.

“Sebenarnya kita sangat diuntungkan dengan adanya penyekatan di perbatasan. Karena itu merupakan filter pertama sebagai bentuk upaya pencegahan penularan Covid-19,” pungkasnya.

Dijejelaskannya lagi, petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Dinkes, dan instansi terkait lainnya terus melakukan penjagaan secara ketat di perbatasan Aceh-Sumut untuk mengantisipasi masyarakat yang nekat melakukan mudik menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Editor : Hendro Saky

Shares: