News

Bantu Kemanusiaan 1000 Ton Beras, ACT Aceh Galakkan Gerakan “Sicupak Breuh”

coffe morning tim ACT dengan Media dalam program kemanusiaan 10000 Ton Beras Bantuan Kemanusiaan. / Foto ; Fitri / Popularitas.com

POPULARITAS.com – Bencana Alam yang terjadi di Indonesia di awal tahun 2021 telah mengakibatkan kerugian jiwa dan materil mulai dari Gempa Bumi di Sulawesi Barat hingga Banjir di Kali Mantan Selatan ( Kalsel), Erupsi Merapi hinga Longsor di Bogor.

Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh saat ini tengah mengupayakan pendistribusian bantuan logistik berupa beras sebanyak 1.000 ton untuk korban bencana di Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu, serta berbagai daerah di Indonesia yang mengalami bencana longsor dan erupsi gunung merapi.

Kepala Cabang ACT Aceh, Lisdayanti, mengungkapkan sebelumnya melalui ACT Aceh pernah mendonasikan beras terbanyak se-Indonesia yang berjumlah 1.000 ton ke Suriah. Namun, saat ini ia berharap pihaknya dapat mencapai target tersebut untuk kembali disalurkan ke lokasi bencana yaitu Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Lisda mengatakan selain 1.000 ton beras, pihaknya juga menyalurkan bantuan logistik lainnya. Saat ini ACT sudah menggalang secara khusus dari seluruh kabupaten/kota di Aceh dengan gerakan yang diberi nama “sicupak breuh” atau segenggam beras untuk mereka yang terkena musibah.

“Jadi Insya Allah kita dari Aceh sedang menggerakkan kapal kemanusiaan beras ataupun logistik untuk saudara kita yang tertimpa bencana di Kalbar dan Sulsel,” Kata Lisda, saat Coffee Morning di Moorden Coffee dengan para awak media

Ia menyebutkan ACT sudah bergerak dari seminggu yang lalu di seluruh kabupaten/kota, serta sudah mendirikan posko untuk pusat informasi dan penerimaan logistik. Selain itu, rencananya logistik tersebut akan dilepas pada 15 Februari 2021 dari Banda Aceh menuju Pelabuhan Belawan.

“Bahkan, bukan hanya beras ya. Jadi kalau ada yang mau menyumbang dalam bentuk yang lain, misalnya sembako, itu juga kita terima Insya Allah,” tutur Lisda.

terkait mekanismenya, Lisda mengatakan pihaknya di banda aceh akan mengumpulkan logistic dari masyarakat Aceh di seluruh Kabupaten Kota yang nantinya akan di berangkatkan dalam bentuk kontainer, di Pelabuhan Belawan baru dilepaskan dalam bentuk kapal jelas Lisda.

Sementara, 29 Januari 2021, pihaknya akan memberangkatkan relawan dari ACT atau pemuda Aceh ke Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Namun bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pengiriman beras, ACT melayani masyarakat via call center telepon di 0651-7315352, Instagram @act_acehWhatsApp 0822-8326-9008. Para donatur dapat menyalurkan donasinya melalui rekening Bank Aceh Syariah 01001930009205, BNI Syariah 6600011008, dan Mandiri Syariah 7089786023.***

 

Shares: