News

Bank Indonesia Siapkan Uang Pecahan Baru Rp2,1 Triliun di Aceh

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi Aceh terhadap uang pecahan baru, terutama menjelang pelaksanaan hari raya idul fitri 1440 H, yang akan berlangsung beberapa minggu kedepan, untuk itu, Bank Indonesia perwakilan wilayah ujung pulau sumatera ini, telah menyiapkan sekurangnya Rp2,1 triliun.

BANDA ACEH (popularitas.com) : Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi Aceh terhadap uang pecahan baru, terutama menjelang pelaksanaan hari raya idul fitri 1440 H, yang akan berlangsung beberapa minggu kedepan, untuk itu, Bank Indonesia perwakilan wilayah ujung pulau sumatera ini, telah menyiapkan sekurangnya Rp2,1 triliun.

Keterangan ini disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KpW) provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis, kepada media ini, Senin 13 Mai 2019. Dijelaskannya, dalam melayani pemenuhan penukaran uang pecahan baru tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah bank, yaitu PT Bank Aceh Syariah, PT Bank Rakyat Indonesia, BRI, dan BNI, Mandiri dan Bank Muamalat.

Dalam layanan penukaran uang pecahan baru tersebut, lanjutnya, pihaknya dan perbankan sekurangnya menyiapkan Rp2,1 trilun, yang terdiri atas Rp1,3 triliun uang pecahan besar (UPB), dan Rp800 miliar uang pecahan kecil (UPK).

Kegiatan penukaran uang pecahan baru yang akan dilakukan pihaknya bersama dengan perbankan tersebut, akan dilangsungkan di Mall Barata, dan Jl Tengku Muhammad Jam, samping Masjid Raya Banda Aceh, yakni akan dimulai pada tanggal 20-23 dan 27-29 Mei 2019.

“Kegiatan penukarang uang ini merupakan tahun ke-5 yang dilakukan oleh Bank Indonesia bersama dengan unsur perbakan lainnya,” tukasnya.

Selain dikedua tempat tersebut, sambung Zainal, masyarakat yang juga ingin menukarkan uang pecahan baru, dapat langsung datang ke kantor Bank Indonesia di Banda Aceh, yakni di jalan Cut Meutia No. 15, Banda Aceh. “Penukaran uang dikantor BI akan dilayani selama dua hari, yakni 27-29 Mai 2019,” sebutnya.

Dan selanjutnya, mulai hari ini, tanggal 13 Mai 2019, kata Zainal, masyarakat juga sudah dapat melakukan penukaran uang pecahan baru, dibeberapa titik yang sudah mulai dibuka kas penukarannya oleh Bank Indonesia, yakni :

1. Pasar Keutapang pada tanggal 13 Mei 2019
2. Pasar Ulee Kareng pada tanggal 14 Mei 2019
3. Pasar Peunayong pada tanggal 15 Mei 2019 dan
4. Pasar Setui pada tanggal 16 Mei 2019

Untuk dikeempat wilayah ini, sebut Zainal, layanan penukaran uang hanya dilakukan pada pukul 10.00-12.30 WIB. (SKY)

Shares: