EkonomiNews

Bank Aceh Setor Deviden Rp 265 Miliar ke Daerah

(ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Bank Aceh berhasil menyumbang deviden sebesar Rp265 miliar sebagai bentuk kontribusi bagi daerah dalam bentuk Pendapatan Asli Aceh (PAA).

Deviden tersebut meningkat Rp 5 miliar dari tahun 2018 sebesar Rp 260 miliar. Deviden tersebut akan disetorkan kepada kas daerah masing-masing pemegang saham dari Pemerintah Provinsi Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota, yang akan direalisasikan dalam bentuk penerimaan daerah murni sesuai dengan share saham/modal masing-masing daerah.

Jumlah Alokasi deviden tersebut diputuskan melalui RUPS tahun 2019 yang berlangsung selasa 16 Juni 2020 di pendopo Plt Gubernur Aceh, yang di hadiri oleh seluruh pemegang saham.

Penyelenggaraan RUPS ini merupakan agenda rutin yang diadakan oleh PT Bank Aceh Syariah sebagaimana yang dituangkan dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007 dan AD/ART PT. Bank Aceh Syariah Nomor 47 Tahun 2016.

Penyelenggaraannya juga sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Mengingat dalam masa pandemi Covid-19, maka RUPS diselenggarakan melalui video conference di masing-masing pendopo Bupati dan Walikota se-Aceh dengan tetap mengikuti standar protokoler kesehatan.

Adapun hasil RUPS Tahun Buku 2019, seluruh pemegang saham memerima hasil laporan pertanggungjawaban kinerja Bank Aceh tahun buku 2019  dan pengesahan rencana kerja dan anggaran Bank tahun 2020, dengan berhasil membukukan laba sebesar Rp 545, 850 miliar dengan total aset Rp 25 triliun, sehingga pembagian devien kepada pemegang saham sebesar Rp 265 miliar.

Direktur Utama Haizir Sulaiman melalui Sekretariat Perusahaan Sayed Zainal Abidin mengatakan, deviden tersebut sebagai kontribusi nyata Bank Aceh Syariah dalam menyumbang Pendapatan Asli Aceh (PAA) yang menjadi salah satu kontribusi untuk pembangunan daerah.

Pada RUPS kali ini Plt. Gubernur Aceh selaku pemegang saham pengendali, mengharapkan  manajemen PT. Bank Aceh Syariah agar serius dan fokus dalam meningkatkan layanan perbankan terutama dalam digitalisasi perbankan, yang merupakan keharusan.

Para pemegang saham juga diminta agar jaringan Kantor Bank Aceh ditambah.  Agar seluruh masyarakat dapat menjangkau jaringan Bank Aceh serta IT Bank Aceh diupgrade untuk memberikan layanan yang lebih baik. Tidak hanya itu penyaluran pembiayaan ke sektor produktif agar lebih ditingkatkan lagi.

Plt Gubernur Aceh juga mengajak kepada seluruh pemegang saham Bank Aceh Syariah untuk terus mendorong kemampuan PT Bank Aceh Syariah dengan menyertakan penambahan modal sesuai kemampuan daerah masing-masing.

Sebagai pemilik, seluruh pemegang saham bertanggungjawab atas masa depan Bank Aceh Syariah. Plt Gubernur juga mengajak agar seluruh bupati/walikota berkomitmen untuk terus mendukung berbagai program Bank Aceh dalam mendorong penguatan ekonomi daerah melalui kordinasi yang berkesinambungan.

Plt Gubernur juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Aceh yang tetap setia serta loyal kepada Bank Aceh. “Bank ini tumbuh berkembang karena masyarakat,” ujar Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. (dani/ril)

Shares: