News

Banjir Rob Terjang Pemukiman Warga di Lhokseumawe

Banjir rob di Aceh Utara. | FOTO: BPBA

POPULARITAS.COM – Air laut pasang yang terjadi sejak kemarin hingga hari ini Jumat (8/10/2021), menggenangi sejumlah titik di bibir pantai Kota Lhokseumawe.

Berdasarkan informasi, banjir rob itu juga menggenangi kawasan Desa Hagu Barat Laut, dan Hagu Tengah, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe hingga ke badan jalan di kawasan itu. Selain itu air laut juga merendam pemukiman warga di Desa Pusong Lama, kota setempat.

“Bandan jalan di kawasan Desa Hagu nyaris tak bisa dilewati semalam, banyak sampah batok kelapa dan ranting kayu bertebaran dan pasir pantai di jalan, kendaraan terpaksa diputarkan balik,” kata warga desa setempat Mulyadi.

Sementara di kawasan Desa Pusong Lama, air bahkan masuk ke pemukiman warga dengan ketinggian mencapai sepinggang orang dewasa.

“Kalau di rumah gak terlalu tinggi, semalam sekitar pukul 22.20 Wib di area tempat kami jemur ikan ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa, hingga siang tadi air masih tergenang sedikit,” sebut warga Pusong Muhajir.

Sementara itu, data yang diterima dari BMKG Malikussaleh, kenaikan tinggi gelombang air laut disinyalir adanya indikasi dari pengaruh duplikasi antara adanya kecepatan angin di selat malaka mencapai 25 knot, atau setara dengan 48 km per jam dan juga pengaruh adanya gelombang pasang purnama.

“Tinggi gelombang mencapai 2.5 meter, BMKG menghimbau seluruh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, atau nelayan agar waspada, biasanya banjir rob selama tiga hari,” kata prakirawan BMKG Lhokseumawe Arijuddin.

Editor: dani

Shares: