Banjir luapan hantam rumah Jumadin di Aceh Tenggara

POPULARITAS.COM – Banjir luapan hantam rumah Jumadin di Desa Darul Hasanah, Kecamatan Lawe Pinis, Kabupaten Aceh Tenggara, Kamis (23/6/2022) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, banjir luapan tersebut berasal dari Sungai Lawe Pinis. Ini terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Aceh Tenggara.

“Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Aceh Tenggara menyebabkan debit sungai Lawe Pinis naik, sehingga terjadinya peluapan yang disebabkan Jebol tanggul  sehingga mengakibatkan banjir ke pemukiman warga,” kata Ilyas, Jumat (24/6/2022).

Dikatakan Ilyas, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara mengerahkan 1 unit excavator untuk melakukan normalisasi sungai yang jebol.

BPBD setempat, kata Ilyas, juga mengerahkan anggota TRC ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan dan melakukan kajian cepat.

“Informasi terkini yang diterima Pusdalops BPBA menyebut bahwa air sudah surut dan kini dalam proses pembersihan,” pungkasnya.

Comments
Loading...