HeadlineNews

Banjir Landa Tiga Kabupaten Aceh Awal Desember

Kondisi banjir awal Desember 2019 di Aceh Barat | Foto BPBA

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak tiga kabupaten di Aceh dilanda banjir pada awal Desember 2019. Ketiga kabupaten tersebut adalah Aceh Barat, Aceh Singkil, dan Aceh Tenggara.

Informasi yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan Aceh Barat menjadi daerah paling awal dilanda banjir pada Minggu, 1 Desember 2019. Banjir menggenangi kawasan sekitar pukul 19.00 WIB hingga Senin dinihari.

Ada empat kecamatan yang terdampak banjir luapan tersebut. Sementara gampong yang tergenang adalah Alu Tampak, Pasi Jambu, Padang Mancang, dan Keude Arun. Keempat gampong ini berada di Kecamatan Kaway LXV.

Selanjutnya di Kecamatan Johan Pahlawan banjir menggenangi Gampong Ceukok Maret, Blang Beurandang, Leuhan, dan Gampong Gampa I. Di Kecamatan Meureubo banjir melanda Gampong Pasi Mesjit, Gampong Pasi Pinang, dan Gampong Pasi Aceh.

Tak hanya itu, banjir juga melanda Gampong Seumantok dan Gampong Keutambang di Kecamatan Pante Cermin.

Di Aceh Singkil, banjir terjadi pada Senin, 2 Desember 2019 sekitar pukul 19.40 WIB. Sementara pemukiman yang terdampak adalah Desa Bulusema dan Desa Lae Bangun. Keduanya berada di Kecamatan Suro.

“Banjir yang terjadi disebabkan kiriman dari wilayah Subulussalam, Aceh Tenggara, Pakpak Barat, dan Dairi, sehingga mengakibatkan sungai meluap,” kata Kepala BPBA, Sunawardi, Senin malam.

BPBA juga menyebutkan terdapat 57 unit rumah warga yang terendam banjir di Aceh Singkil.

Di hari yang sama, banjir juga terjadi di Aceh Tenggara pada pukul 17.40 WIB. Ada dua desa yang terkena banjir yaitu Lawe Sarap dan Kute Pulo Gadung di Kecamatan Lawe Alas. “Luapan parit Lawe Sarap mengakibatkan terjadinya banjir dengan ketinggian hingga 30 Centimeter,” ujar Sunawardi.

Banjir di Aceh Tenggara juga berdampak pada lima unit rumah warga, yaitu milik Rabilah, Jamudin, Sayhril, Anto dan Herman.

Pada Selasa, 3 Desember 2019, BPBA menginformasikan banjir yang melanda Aceh Barat telah mulai surut. Akibat banjir tersebut, sebagian warga dilaporkan sempat mengungsi ke tempat kerabat.

“Pusdalops dan Tim TRC BPBD Aceh Barat terus melakukan pemantauan di empat kecamatan yang dilanda banjir. BPBD Aceh Barat juga berupaya menyalurkan bantuan sembako ke Kantor Camat Pante Cermen. Tim BPBD Aceh Barat juga telah mengevakuasi warga yang terjebak banjir dan juga warga yang berdampak di Desa Pasi Mesjid,” kata Sunawardi seperti dilansir petugas Pusdatin BPBA, Henny Nurmayanti.* (BNA/RIL)

Shares: