News

Banjir di Nagan Raya Berangsur Surut

Ilustrasi, banjir. (ist)

POPULARITAS.COM – Banjir yang melanda 30 desa di delapan kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya mulai surut pada Rabu (7/7/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, hingga pukul 11.06 WIB, petugas BPBD Nagan Raya melaporkan bahwa banjir berangsur surut.

“Kondisi terakhir siang ini bahwa air sudah mulai surut,” kata Ilyas dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Baca: Empat Kecamatan di Nagan Raya Dikepung Banjir

Ilyas menjelaskan, 30 desa yang terendam banjir berasal dari Kecamatan Darul Makmur, Tripa Makmu, Tadu Raya, Kuala, Kuala Pesisir, Suka Makmue, Seunagan dan Seunagan Timur.

Banjir itu, lanjut Ilyas, disebabkan hujan deras disertai angin kencang yang melanda Nagan Raya pada Senin (5/7/2021).

“Banjir mengakibatkan terendamnya badan jalan lintas Meulaboh-Tapaktuan, dengan ketinggian kurang lebib 30-70 cm,” sebut Ilyas.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mengingatkan agar masyarakat di sejumlah kabupaten/kota di Aceh waspada terhadap potensi curah hujan sedang hingga lebat pada 6-7 Juli 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad menyebutkan, curah hujan tinggi berpotensi terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil.

“Juga terjadi genangan air di daerah pesisir atau di dataran rendah dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman dan banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil,” kata dia.

Editor: dani

Shares: