Banjir di Aceh Tamiang, Ratusan Rumah Terendam

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Tamiang sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan salah satu kecamatan di kabupaten itu diterjang banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan bahwa banjir terjadi di Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang. Banjir ini merendam 112 rumah warga.

“Akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi di Aceh Tamiang beberapa hari terakhir, dilaporkan debit air sungai di wilayah tersebut telah meningkat dan meluap ke wilayah pemukiman warga,” kata Ilyas dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Ilyas menyebutkan, 112 rumah tersebut berada di tiga dusun dalam Desa Selamat.  Rinciannya adalah Dusun Pakel 70 rumah terendam banjir, Dusun Lama 12 rumah dan Dusun Tualang Niat 30 rumah.

“Total rumah yang terendam banjir berjumlah 112 unit, dengan ketinggian air mencapai 50-100 cm,” sebut Ilyas.

Selain itu, katanya, banjir juga telah menyebabkan jembatan penghubung Dusun Pakel menuju Dusun Lama putus. Korban terdampak masih dalam tahap pendataan petugas di lapangan.

Sementara pengungsi, lanjut Ilyad, berjumlah 12 keluarga dan diketahui telah mengungsi ke rumah saudara terdekat.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. BPBD Kabupaten Aceh Tamiang telah melakukan pemantauan di lokasi kejadian. Informasi terakhir yang diperoleh BPBA, air sudah mulai surut dan turun ke wilayah hilir,” pungkasnya.

Editor: dani

Comments
Loading...