News

Banjir dan Longsor Landa Aceh Timur

Foto: Banjir (Dok BPBA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sejumlah gampong di Kabupaten Aceh Timur dan Kota Lhokseumawe dilanda banjir akibat hujan yang mengguyur dua kawasan tersebut sejak Minggu, 15 Desember 2019. Akibatnya puluhan rumah warga tergenang air, Senin, 16 Desember 2019.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Timur sejak kemarin pukul 01.20 WIB mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor yang terdampak pada lima desa di empat kecamatan, tepat pada pukul 07.00 WIB pagi tadi,” kata Haslinda Juwita, salah satu petugas piket di Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

Berdasarkan data yang diberikan BPBA diketahui banjir di Aceh Timur terjadi di Gampong Julok Tunong dan Gampong Labuhan. Keduanya berada di Kecamatan Julok, Aceh Timur.

Tak hanya banjir, akibat hujan deras tersebut juga memicu tanah longsor di Gampong Paya Meuligo Kecamatan Peureulak dan Gampong Kuala di Kecamatan Peudawa.

“Longsor juga menutupi badan jalan Desa Paya Meuligoe, TPI Kuala Peudawa dan sebuah balai pengajian,” tambah Haslinda. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Hingga saat ini Tim BPBD Aceh Timur juga terus melakukan pendataan terhadap dua bencana alam yang terjadi di daerah tersebut.

BPBA juga melaporkan bencana banjir terjadi di Kota Lhokseumawe. Akibatnya 20 rumah warga terendam air. “Namun, dapat dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Haslinda.* (RED)

Shares: