News

Banjir bandang rendam 22 hektare kebun warga di Aceh Tengah

Hujan deras dan angin kencang sejak tiga hari terakhir menyebabkan anak sungai di Kampung Paya Dedep, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Bener Meriah, meluap pada Selasa (21/12/2021).
Ilustrasi banjir. (ist)

POPULARITAS.COM – Hujan deras dan angin kencang sejak tiga hari terakhir menyebabkan anak sungai di Kampung Paya Dedep, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, meluap pada Selasa (21/12/2021).

Akibatnya, luapan sungai tersebut mengakibatkan banjir dan merendam kebun milik warga seluas 22 hektare.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan korban dan dampak material yang diakibatkan masih dalam tahap pendataan.

“Banjir merendam kebun kopi milik warga seluas 20 hektare dan kebun palawija sekitar 2 hektare,” tutur Ilyas dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021).

Kata Ilyas, BPBD Kabupaten Aceh Tengah dan masyarakat untuk sementara tetap berjaga di tanggul sungai karena dikhawatirkan bila tanggul sungai tersebut jebol, maka air akan memasuki pemukiman penduduk.

Ilyas menyampaikan bahwa jarak antara tanggul sungai dengan pemukiman diperkirakan sekitar 200 meter.

“Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut banjir masih belum surut dan hujan sampai saat ini masih mengguyur wilayah Kecamatan Jagong Jeget,” demikian Ilyas.

Shares: