News

Banjir Bandang dan Longsor Juga Landa Bener Meriah dan Sabang

Banjir bandang menyebabkan dua rumah rusak ringan di Kabupaten Bener Meriah, Rabu, 13 Mei 2020. (IST)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Selain menerjang beberapa desa di Kabupaten Aceh Tengah, banjir bandang dan longsor juga melanda Kabupaten Bener Meriah dan Kota Sabang pada Rabu, 14 Mei 2020.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (Pusdatin BPBA), Haslinda Yuwita mengatakan, di Bener Meriah banjir bandang menerjang Desa Mutiara Baru, Kecamatan Bukit dan Cemparam, Kecamatan Mesidah.

“Dampak dari banjir bandang itu menyebabkan dua unit rumah rusak sedang, masing-masing di Kecamatan Bukit dan Mesidah,” kata Haslinda dalam keterangannya, Rabu, 13 Mei 2020 malam.

Kata Haslinda, banjir bandang di dua desa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Setelah kejadian, petugas BPBD Bener Meriah langsung menurunkan anggota tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan serta menurunkan 1 unit alat berat.

“Berdasarkan laporan BPBD Bener Meriah pukul 21.24 WIB, tim TRC, TNI dan Polri dibantu masyarakat setempat masih membersihkan lumpur yang memasuki rumah warga,” jelas dia.

Sedangkan di Kota Sabang, hujan deras yang mengguyur kawasan itu menyebabkan longsor di Desa Batee Shok, Kecamatan Suka Karya. Akibatnya, material longsor memenuhi badan jalan di desa tersebut.

“Upaya yang dilakukan oleh BPBD Kota Sabang adalah langsung turun ke lapangan untuk melakukan pembersihan tempat kejadian bencana. Sehingga saat ini jalan sudah dapat dilalui roda 2,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: