News

Bangun jiwa wirausaha sejak dini, SDIT Muhammadiyah Lhokseumawe gelar Market Day

SDIT Muhammadiyah, Kota Lhokseumawe, selenggarakan kegiatan “Market Day” antar kelas di gedung serbaguna di sekolah setempat. Kegiatan itu guna meningkatkan jiwa kewirausahaan anak sejak dini dan juga meningkatkan kompetensi anak.
Market Day di SDIT Muhammadiyah Lhokseumawe. (Dok. sekolah)

POPULARITAS.COM – SDIT Muhammadiyah, Kota Lhokseumawe, selenggarakan kegiatan “Market Day” antar kelas di gedung serbaguna sekolah setempat. Kegiatan itu guna meningkatkan jiwa kewirausahaan dan juga meningkatkan kompetensi anak sejak dini.

Market Day diikuti semua kelas di sekolah tersebut. Tak hanya guru, wali murid juga dilibatkan dalam kegiatan itu, hal ini bertujuan membangun jiwa kewirausahaan bagi para siswa.

Sebanyak enam stand disediakan dalam acara itu. Masing- masing kelas menyediakan banyak menu saji makanan dan minuman untuk diperdagangkan kepada tamu undangan. Baik itu menu makanan tradisional, nasional bahkan internasional.

“Kegiatan ini dihadiri oleh ortu siswa dan tamu undangan lainnya, antusias pengunjung dalam membeli produk makanan yang dihasilkan siswa sangat luar biasa terbukti menu yang dijual siswa hampir seluruhnya habis,” kata Kepala SDIT Muhammadiyah, Faisal Ramon, kepada popularitas.com, Jumat (15/4/2022).

Kata dia, Market Day ini terinspirasi dari kisah Rasulullah SAW pada usia sangat muda sudah berdagang dengan pamannya. Hal serupa dilakukan sekolah terhadap siswa dengan cara mengedukasi dan sosialisasi serta dipraktekan langsung oleh siswa.

Menurut Faisal, tujuan penting dari Market Day adalah terbentuk karakter anak untuk memiliki Jiwa Wirausaha yang berintegritas, kreatif, dan kerja sama.

“Membangun jiwa kewirausahaan bagi peserta didik, ini perlu dilakukan sejak dini. Zaman kekinian mencari modal kerja berupa cuan lebih mudah ketimbang mencari pelaku bisnis yang jujur,” kata Faisal.

Menarik perhatian dari market Day, setiap pengunjung diminta untuk menilai stand terbaik melalui E-voting pada link yang telah diberikan panitia. Dari penilaian ini diambil satu stand yg terbaik untuk diberikan reward. Dan yang menjadi stand terbaik market day tahun ini adalah Stand Kelas 5.

Melihat antusias, dukungan dan kerjasama ortu siswa dalam market day ini maka kegiatan ini akan menjadi agenda tiap tahunnya pada SDIT Muhammadiyah Lhokseumawe.

“Bisa menumbuhkan semangat dan teladan bagi peserta didik. Tak hanya market day, melalui program Gebyar Kreatifitas Anak Shaleh sejumlah kegiatan lain juga kita tingkatkan yaitu menampilkan karya dan bakat siswa seperti tahfidz, puisi, drama, fashion show dan lainya,” pungkasnya.

Shares: