News

Baitul Mal Banda Aceh Menangkan Program Pendayagunaan ZIS Terbaik’ se-Indonesia

Baitul Mal Kota Banda Aceh Terima Penghargaan BAZNAS Award 2020/ Foto Fani Baitulmal Banda Aceh

POPULARITAS.Com – Di Penghujung tahun 2020, Baitul Mal Kota Banda Aceh menoreh prestasi yang cukup membanggakan, ini merupakan hadiah akhir tahun bagi masyarakat Kota Banda Aceh, pasalnya Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas) menetapkan Baitul Mal Kota Banda Aceh sebagai peraih penghargaan BAZNAS Award 2020 untuk kategori ‘Program Pendayagunaan ZIS Terbaik’ se-Indonesia.

Pengumuman penghargaan ini digelar secara virtual dari kantor pusat BAZNAS, Jl Matraman Raya, Jakarta yang dibuka langsung Ketua BAZNAS Republik Indonesia, Bambang Sudibyo. Dan di saksikan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah di damping Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota, Wahyudi secara Virtual dari Pendopo Walikota Banda Aceh, Senin (14/12/2020) lalu.

Selain itu juga  turut hadir dalam pengumuman penghargaan BAZNAS Award 2020 ini, Dewan Pengawas, Ketua dan anggota Badan, serta Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani, mengatakan penghargaan yang diraih lembaganya tersebut, tidak semata-mata karena kerja kerasnya sepihak, namun merupakan kerja keras semua pihak, tidak terlepas dukungan penuh dari Wali kota dan kerja keras para Dewan Pengawas, Anggota Badan, serta jajaran Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Menurutnya, selama ini penyaluran ZIS dilakukan dengan banyak program produktif dan tepat sasaran. Sehingga, program-program produktif tersebut menjadi tolak ukur dan barometer bagi BAZNAS dalam memberikan dua penghargaan sekaligus untuk Kota Banda Aceh pada tahun 2020 ini, yakni penghargaan kepada Walikota dan Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah, ini kerja keras kita semua dan didukung penuh oleh Pak Walikota. Dan kita berharap ke depan semakin banyak lagi ZIS yang terkumpul dari para muzakki, dari berbagai elemen sipil masyarakat sehingga semakin mensejahterakan warga Kota Banda Aceh,” harapnya.

Baitul Mal kota banda Aceh Terima Penghargaan BAZNAS Award 2020 / Foto ; Fani Baitul Mal Kota Banda Aceh

Asqalani menambahkan, dari delapan senif yang berhak menerima zakat, Baitul Mal Kota Banda Aceh menyalurkan untuk enam senif saja, untuk senif riqab seperti diketahui di Aceh tidak ada lagi riqab, demikian pula senif amil, tidak disalurkan zakatnya. Adapun untuk keenam amil ini disalurkan sakatnya dengan program produktif dan konsumtif. Program produktif seperti memberikan beasiswa, modal usaha, mendidik pemuda-pemuda miskin dan memberdayakan mereka dengan bantuan alat kerja.

Tak hanya itu, Asqalani juga mengatakan, Banda Aceh tentu akan menjadi model bagi seluruh daerah di Aceh juga luar Aceh, sesuai dengan pelaksanaan syariat Islam, bahwa salah satu pilar Islam yakni zakat bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bagi kesejahteraan fakir miskin.

Berkenaan realisasi zakat di Banda Aceh, Asqalani menyebutkan, tercatat hingga dua minggu yang lalu Baitul Mal Kota telah menyalurkan sekitar Rp 9,6 miliar. Disebutkan, angka tersebut masih akan bertambah karena ada juga yang sedang disalurkan. “Jumlah seluruhnya realisasi zakat tahun 2020 ini baru bisa kita laporkan di awal Januari nanti,” ucapnya.

Ketua BAZNAS Republik Indonesia, Bambang Sudibyo mengatakan BAZNAS Award 2020 diadakan dalam rangka mendorong prestasi zakat nasional sehingga dapat memacu kebangkitan zakat di negeri ini. serta memberikan apresiasi kepada individu maupun lembaga yang secara nyata memberikan peranan positif dalam gerakan zakat.

Redaktur ; Fitri Juliana

Shares: