NewsOlahraga

Atlet Aceh Bawa Bendera Indonesia di Olimpiade, Nova: Kita Bangga

Atlet Aceh pembawa merah putih di pembukaan Olimpiade Tokyo 2021
Nurul Akmal, Atlet angkat besi asal Aceh, saat persiapan pembukaan Olympiade Tokyo 2020

POPULARITAS.COM – Atlet asal Aceh Nurul Akmal jadi pembawa Bendera Indonesia di olimpiade Tokyo 2020, yang akan dibuka pada Jumat (23/7/2021).

Parade kontingen atau negara peserta Olimpiade Tokyo 2020 sendiri rencananya diawali oleh Yunani dan ditutup oleh Jepang. Indonesia berada di nomor urut ke-22.

Nurul Akmal sendiri lahir pada 12 Februari 1993. Atlet angkat besi 28 tahun itu kini berdomisili di Aceh. Ia merupakan lifter kelas +87 kg dan dinyatakan lolos setelah berhasil menempati peringkat 6 kualifikasi Olimpiade.

Baca: Mengenal Nurul Akmal, Atlet Aceh Pembawa Bendera Indonesia di Olimpiade Tokyo

Gubernur Aceh Nova Iriansyah merasa bangga dengan adanya atlet Aceh yang  memperkuat kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk mendukung dan mendokan perjuangan Nurul Akmal di pentas Olimpiade.

“Pembawa bendera kontingen Indonesia adalah atlet angkat besi Aceh Nurul Akmal. Alhamdulillah, kita semua bangga,” cuit Nova Iriansyah di akun twitternyam dikutip popularitas.com, Jumat (23/7/2021).

 

Diketahui, lolosnya Nurul ke Olimpiade Tokyo 2020 sekaligus menjadi pencapaian tersendiri. Ia menjadi atlet putri pertama Indonesia yang lolos di kelas berat — Merah Putih biasanya meloloskan atletnya di kelas-kelas ringan.

Selain itu, Nurul juga menjadi atlet pertama dari Aceh yang tampil di Olimpiade sejak 33 tahun silam. Kali terakhir ada atlet asal Aceh lain yang tampil di Olimpiade adalah Alkindi pada cabang anggar Olimpiade 1988 Seoul, Korea Selatan.

Dalam kariernya, Nurul Akmal sudah pernah menorehkan sejumlah catatan demi mengharumkan nama Indonesia. Sebut saja medali perak Islamic Solidarity Games di Baku 2017, emas di test event Asian Games 2018, juga satu perak dan dua perunggu di Qatar Cup 2019.

Shares: