ASN Pemerintah Aceh wajib apel pagi, membaca Pancasila dan Mendengarkan Lagu Indonesia Raya

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh, per tanggal 1 Juli 2021, akan mewajibkan ASN yang bekerja dilingkup sekretariat daerah provinsi ujung Sumatera itu, untuk mengikuti apel pagi, membaca naskah Pancasila, dan mendengarkan lagu Indonesia Raya.

Hal tersebut, disampaikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Aceh, Iskandar, saat menggelar rapat beserta jajaran sekratariat daerah, Jumat (18/6/2021).

baca juga : Sekda Pantau Vaksinasi Massal Hari Keenam

Upaya itu, sebagai tindak lanjut dari imbauan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan RB), guna menumbuhkan kecintaan terhadap ideologi Pancasila, dan UUD 1945, bagi aparatur sipil negara (ASN).

Teknisnya, katanya lebihlanjut, pelaksaan apel pagi, nantinya hanya diikuti oleh pejabat struktural, dengan protokok kesehatan yang ketat, dan sementara para staf lainnya mengikutinya secara virtual.

“Sesuai dengan imbauan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, apel pagi akan kembali kita laksanakan. Namun, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan membatasi jumlah peserta untuk menghindari munculnya klaster baru penularan virus corona,” kata Iskandar.

Selain itu, kata Iskandar, masih dengan imbauan Menpan RB, untuk meningkatkan kecintaan terhadap tanah air serta ketaatan pada ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bagi ASN Pemerintah Aceh, pihaknya setiap hari Selasa dan Kamis pukul 10.00 WIB akan memperdengarkan atau memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya di lingkungan kantor Pemerintah Aceh.

Sementara pada hari Rabu dan Jumat pada jam yang sama, ASN Pemerintah Aceh akan membacakan naskah Pancasila secara serentak.

“Kegiatan memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai yang sedang melaksanakan tugas kedinasan di kantor. ASN harus berdiri tegak dengan sikap hormat saat kedua hal sakral itu dilaksanakan,” ujar Iskandar.

Iskandar mengatakan, ketiga kegiatan tersebut, yaitu, apel pagi, memperdengarkan/menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan membaca naskah Pancasila, secara resmi akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2021 mendatang. 

Editor : Hendro Saky

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.