News

Asap Flaring Gas Medco Bikin 250 Warga Aceh Timur Mengungsi

POPULARITAS.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi mengatakan sebanyak 250 jiwa di Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, terpaksa mengungsi akibat keracunan asap gas flaring PT Medco.

Warga setempat diungsikan ke kantor kecamatan agar tidak terhirup bau gas. Guna menghindari hal tersebut tim BPBD Aceh Timur terpaksa mengevakuasi warga agar korban tidak semakin bertambah.

“Malam ini warga menginap di kantor kecamatan, sejumlah tenda juga sudah kita bangun dan saat ini semua warga di desa itu sudah dievakuasi,” kata Ashadi dikonfirmasi Popularitas.com Jumat sore (9/4/2021).

Kepala BPBD itu mengatakan, sedangkan 26 korban masih di rawat di rumah sakit. Namun dirinya mengatakan belum menerima laporan terkait identitas korban karena masih dalam pendataan.

“Korban yang tercuim gas mengeluhkan, mual, pusing dan muntah- muntah,” ujar Kepala BPBD itu.

Baca: Medco Hentikan Kegiatan Flaring Gas Karena Warga Keracunan Hirup Asap

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD, pihak TP Medco sudah menangani permasalahan gas tersebut.

“Satu desa kita kosongkan, memang pihak PT Medco mengatakan tidak akan mengerluarkan gas lagi namun meski begitu tetap kita evakuasi untuk menghindari hal yang tak diingainkan,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: